Minggu, 19 Mei 2013


Adapun Alat Musik khas Banjar, antara lain :


NO
ALAT MUSIK
KETERANGAN
1
Gamelan Banjar
Gamelan Banjar sebenarnya merupakan sebuah kesenian yang dimainkan dengan seperangkat alat-alat musik gamelan dan pelengkapnya yang dimainkan oleh orang-orang suku Banjar. Dan Gamelan Banjar ini sendiri memiliki dua versi yaitu ada Gamelan yang versi Banjar Keraton dan ada yang versi Banjar Kerakyatan.
2
Panting
Panting adalah sejenis alat musik gambus yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Panting model ini hampir mirip dengan Gambus yang berasal dari arab hanya saja ukurannya lebih kecil. Musik yang dimainkan dengan Panting ini awalnya berasal dari daerah Tapin.
3
Kurung-kurung
Mungkin inilah salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang dinilai sangat unik. Dari namanya saja sudah unik apalagi dari bentuknya yang terbut dari kayu panjang yang dipadu dengan bambu di bagian bawahnya. Cara memainkannya cukup menghentakkan kurung-kurung ini ke tanah maka keluarlah bunyi-bunyian yang unik yang berbeda antara satu kurung-kurung dengan kurung-kurung yang lainnya. Kurung-kurung biasa dimainkan pada saat perayaan upacara adat, kenduri, atau menyambut tamu dan pejabat yang datang ke daerah Kalimantan Selatan tersebut.
4
Kintung
Kintung ini adalah salah satu alat musik unik lainnya di Kalimantan Selatan yang dibuat oleh Suku Banjar. Bahkan pada zaman dulu alat musik ini dipertandingkan juga. Uniknya lagi alat musik ini diduga dimainkan dengan kekuatan magis. Bahkan pada saat dipertandingkan sampai-sampai alat musik yang terbuat dari bambu ini bisa dipecah bahkan tidak mengeluarkan bunyi sama sekali dengan kekuatan magis.
5
Kuriding
Kuriding termasuk salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang terancam punah. Sudah jarang orang memainkan alat musik yang dibuat dari kayu atau enau ini. Alat musik ini dimainkan dengan cara melingkarkan tali yang menahan bilah kayunya agar menempel di mulut dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan menarik tali dari ujung bilah sebelahnya sehingga keluarlah suara seperti suara angin yang menderu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar